Cara Mengobati Alergi Kulit Pada Anak-Anak Di Bawah 5 Tahun


Klasik, Malang
Seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat menjadi lebih modern dan lebih kritis terhadap kebersihan, kasus alergi pada kulit tiap tahunnya semakin bertambah. Lingkungan yang seperti itu malah menyebabkan masyarakat menjadi lebih mudah terkena alergi karena tubuh lebih rentan terhadap bakteri ataupun kotoran karena tubuh sudah terbiasa berada di lingkungan yang bersih. Tubuh tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kotor sehingga dapat dengan mudah sakit. Tentunya hal seperti ini tidak baik untuk tumbuh kembang anak-anak yang pastinya memiliki keingintahuan yang besar sehingga akan banyak mengeksplor hal baru. Tak jarang anak-anak akan terpapar dengan hal-hal yang kurang bersih seperti pasir, mainan yang kotor dan lain sebagainya. Tidak sedikit anak-anak yang mengalami gejala alergi pada kulit seperti rasa gatal pada area tubuh tertentu dan juga muncul ruam kemerahan. Agar reaksi alergi yang muncul tidak semakin parah, sebagai orang tua maka sudah sewajibnya anda mengetahui cara mengobati alergi kulit tersebut.
 
Pada orang-orang yang tidak memiliki alergi, tubuh hanya akan memproduksi antibodi ketika tubuh mengidentifikasi adanya bahaya yang masuk ke dalam tubuh seperti virus dan juga bakteri. Namun pada penderita alergi, benda-benda dan juga zat yang umum dan tidak berbahaya akan salah diidentifikasikan sebagai hal yang berbahaya sehingga tubuh akan memproduksi antibodi untuk mengeliminasi zat tersebut dan menimbulkan reaksi alergi seperti gatal-gatal disekujur tubuh. Tidak hanya gatal-gatal saja yang timbul ketika tubuh terpapar alergen, namun bisa juga muncul reaksi-reaksi alergi lainnya yang lebih parah seperti kesulitan bernapas, hilangnya kesadaran secara tiba-tiba, kram pada perut dan lain sebagainya yang dapat membahayakan nyawa. Apalagi jika penderita alergi masih anak-anak yang belum tahu apa-apa, tidak hanya sebagai orang tua melainkan sebagai orang dewasa anda harus selalu siap untuk mencegah dan mengurangi reaksi alergi yang timbul, karena itulah anda harus tahu cara mengobati alergi kulit yang muncul, entah reaksi alergi ringan ataupun berat.Ada banyak sekali penyebab alergi pada kulit, begitu juga dengan jenis-jenis alergi. Sebut saja eksim atopik, dermatitis kontak alergik, alergi makanan, alergi dingin, alergi obat dan lain sebagainya. 

Berikut adalah beberapa alergi yang menimbulkan reaksi alergi pada kulit yang kerap muncul dan diderita oleh anak-anak dan cara mengobati alergi kulit tersebut.
 
1.Eksim atopik
Kondisi ini merupakan suatu hal yang kerap kali muncul pada penderita alergi. Penyebabnya ada berbagai hal, mulai dari faktor genetik atau keturunan, obat-obatan, lingkungan dan kondisi tubuh itu sendiri. Eksim atopik dapat dipicu oleh berbagai hal, mulai dari makanan seperti susu, kedelai, gandum dan juga kacang tanah. Kondisi ini paling sering muncul pada anak-anak berusia di bawah 1 tahun dan dapat bertahan hingga anak berusia 10 tahun, bahkan hingga anak beranjak dewasa. Pada anak di bawah 2 tahun, reaksi alergi yang muncul lebih banyak muncul di area wajah seperti pipi dan juga dahi. Sedangkan anak-anak di atas 2 tahun lokasinya berada di area lipatan seperti lipatan lengan, lutut, pergelangan tangan, kelopak mata dan juga leher. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya jangan terlalu sering memandikan anak dan juga jangan menggosok terlalu keras ketika mengeringkan tubuh.  Anda juga dapat menggunakan sabun mandi, detergent dan juga pelembab yang aman bagi kulit anak-anak sehingga tidak menimbulkan iritasi.
 
2. Alergi makanan
Reaksi alergi yang muncul setelah terpapar makanan yang menjadi penyebab alergi bisa bermacam-macam, mulai dari bibir bengkak, kram pada perut, diare, kesulitan bernapas dan juga gatal-gatal pada sekujur tubuh. Banyak sekali jenis-jenis makanan yang bisa menjadi penyebab timbulnya reaksi alergi. Sebut saja susu, gandum, makanan laut seperti udang, kerang dan juga kepiting. Reaksi alergi yang muncul bisa bermacam-macam, mulai dari beberapa menit setelah terpapar alergen hingga beberapa jam, bahkan beberapa hari. Karena itulah anda harus selalu waspada dan memperhatikan gejala-gejala yang muncul setiap anak selesai makan.
 
Ketika timbul rasa gatal akibat paparan alergen, anda harus memberi tahu anak agar tidak menggaruk kulit yang gatal. Mungkin memang terasa enak untuk menggaruk, namun menggaruk kulit hanya akan menyebabkan rasa gatal menjadi semakin parah. Menggaruk bukanlah cara mengobati alergi kulit yang baik, lebih baik menggunakan cara lainnya untuk meredakan atau mengurangi rasa gatal yang mengganggu. Anda bisa mengurangi rasa gatal pada kulit si kecil dengan mengkompres nya dengan handuk dingin. Dinginnya air dapat membantu meredakan rasa gatal yang mengganggu. Agar anda tidak was-was apabila si kecil menggaruk tanpa sepengetahuan anda, anda dapat memotong kuku si kecil sehingga ketika menggaruk tanpa sepengetahuan, kulit si kecil tidak akan iritasi dan terluka akibat kuku yang panjang.
Previous
Next Post »