4 Gadget Keren yang Bisa Pantau Kesehatan Tubuh


Klasik, Malang
Kalau biasanya kita sering mendengar: keseringan main gagdet bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh, maka sekarang, kamu harus tau kalau ada gadget yang justru bisa bantu pantau kesehatan tubuhmu. Meski tidak sepopuler gadget lain seperti smartphone, tablet, atau laptop, adanya gadget yang memantau kesehatan tubuh tentunya sangat berguna bagi kamu yang punya resolusi hidup sehat.
 
Salah satu gadget pemantau kesehatan paling populer adalah Smartband. Sebuah gelang khusus yang bisa dipakai layaknya jam tangan yang berfungsi memonitor kebugaran tubuhmu setiap hari. Biasanya, saking sibuknya kerja di depan monitor, sebagian orang jadi lupa untuk bergerak demi kesehatan tubuh. Di sinilah fungsi paling penting dari smartband.
 
Sekarang, nggak cuma smartphone aja yang bisa dibeli dengan cicilan tanpa kartu kredit Lazada, Tokopedia, Blibli, dan di merchant online lainnya. Kamu juga bisa beli 4 gadget untuk monitor kesehatan tubuhmu berikut ini di berbagai merchant online.
 
1. Smartband 
Salah satu smartband kekinian yang paling populer di pasaran adalah smartband produksi Xiaomi, Mi Band. Sederhananya, smartband adalah jam tangan multifungsi yang seluruh perangkatnya terbungkus strap berbahan karet dengan panjang strap sekitar 200 mm plus perangkat kecil yang berukuran sekitar 40x15x10 mm. Fungsi utama smartband adalah membantu penggunanya untuk menjaga pola hidup sehat sehari-hari. Bagaimana caranya?
 
Smartband akan menampilkan berbagai data yang terkait dengan kondisi tubuh pengguna, mulai dari tingkat aktivitas fisik per hari, berapa banyak kalori yang sudah terbuang, jarak jalan yang sudah dilalui, detak jantung, hingga kualitas tidur. Nggak cuma itu, kamu yang sedang menjalankan pola hidup sehat, juga bisa membuat target aktivitas fisik atau olahraga di smartband. Nantinya, saat kamu terlalu banyak kerja, duduk, dan nggak melakukan aktivitas fisik dalam waktu beberapa jam, Smartband terutama Mi Band akan bergetar secara halus untuk mengingatkan bahwa kamu perlu gerak dan istirahat sejenak!
 
Smartband juga bisa dihubungkan ke smartphone melalui aplikasi buatan vendor yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Mi Band misalnya, kamu bisa hubungkan ke smartphonemu dengan aplikasi Mi Fit dari Xiaomi. Dengan begitu, kamu akan mudah mengontrol segala aktivitas fisik dan melihat kondisi kebugaran tubuh. Menariknya, Mi Band juga bisa memberikan notifikasi dengan cara bergetar apabila ada notifikasi pesan atau panggilan yang masuk ke smartphonemu. Gagdet unik ini yang baterainya berkapasitas 70 mAh ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 600 ribu saja.
 
Kalau tertarik dengan Mi Band, kamu bisa manfaatkan program kredit yang ada di merchant online, misalnya cicilan tanpa kartu kredit Lazada. Dengan menggunakan Kredivo, kamu bisa beli Mi Band sekarang dan bayar nanti 30 hari kemudian atau saat gajian tanpa dikenakan bunga sama sekali. Selain itu, nggak perlu dp, biaya admin, atau pun biaya tambahan lainnya. Kalau barang yang kamu beli dengan cicilan tanpa kartu kredit Lazada harganya Rp 1,5 juta ke atas, maka kamu bisa manfaatkan opsi cicilan dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan dari Kredivo. Suku bunganya juga paling rendah dibanding lembaga kredit lain, hanya 2,95% per bulannya.
 
2. Lenovo Vital Moto Mod
Sebagai salah satu vendor smartphone yang cukup populer, Lenovo nggak hanya berfokus pada produksi seri smartphone saja, tapi juga memikirkan dampak dari penggunaan smartphone yang berlebihan. Mengapa demikian? Sebab, Lenovo telah mengembangkan dan memproduksi Lenovo Vital Moto Mod.
 
Lenovo Vital Moto Mod adalah sebuah perangkat aksesoris yang bisa ditempelkan pada smartphone dan berfungsi untuk mengukur lima tanda vital kesehatan yaitu pernapasan, detak jantung, oksigen dalam tubuh, suhu tubuh, tekanan darah sistolik dan diastolik, lewat jari-jari tangan penggunanya
 
Pertama kali dipamerkan dalam acara Consumer Electronic Show (CES) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, Lenovo Vital Moto Mod dikabarkan akan mulai dipasarkan per April 2018. Sayangnya, kamu harus merogoh kocek mulai Rp 5 jutaan untuk bisa mendapatkan perangkat keren yang satu ini.
 
3. Smartphone dengan Chip MediaTek Biosensor 
Dikutip dari laman resmi MediaTek, perusahaan pembuat chip semikonduktor asal Taiwan ini telah merilis inovasi baru dalam bidang teknologi sekaligus kesehatan, yaitu chip Sensio MT6381. Keunggulan utamanya, chip ini merupakan chip biosensor yang berfungsi untuk memantau kesehatan penggunanya melalui 6 aspek vital, mulai dari denyut nadi, detak jantung, tekanan darah, oksigen dalam darah, ECG dan PPG yang bisa mendeteksi adanya kelainan pada jantung.
 
Kurang lebih fungsinya sama dengan Lenovo Vital Moto Mod. Bedanya, Moto Mod adalah perangkat aksesoris yang diletakkan di luar, sementara chip Sensio MT6381 perlu ditanam ke dalam smartphone sehingga pengguna tidak perlu beli perangkat tambahan. Dalam hitungan menit, chip biosensor buatan MediaTek langsung bisa mendeteksi dan memberikan data kondisi kesehatan tubuh secara akurat.
 
Kabarnya, MediaTek siap memasarkan chip biosensor ini ke berbagai vendor smartphone di awal tahun 2018 ini. Kita tunggu saja, ya!
 
4. Samsung Gear S2 
Hampir mirip secara fungsional dengan smartband, Gear S2 merupakan jam tangan pintar produksi Samsung yang nggak cuma berfungsi menampilkan jam, tapi juga bisa dikoneksikan ke smartphone sebagai alat pemantau kesehatan tubuh. Dari segi desain, sekilas Samsung Gear S2 lebih mirip jam tangan biasa namun perangkat ini disenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8x26, Memori RAM 4GB, memori internal 512 MB, konektivitas WiFi, Bluetooth, serta sudah didukung 4G LTE. Mirip dengan Mi Band, kamu bisa melihat berbagai data kesehatan tubuhmu pada perangkat ini mulai dari detak jantung, jumlah langkah kaki, hingga membuat capaian target aktivitas tertentu.
 
Misalnya, kamu punya rencana untuk jalan 1000 langkah setiap pagi, dengan memakai Gear S2, kalau kamu diam terlalu lama dan target langkah belum tercapai, jam pintar ini akan bergerak halus untuk mengingatkanmu pada target yang telah diset.
 
Selain itu, dengan Samsung Gear S2, kamu juga bisa melihat maps, mengecek email, messenger, hingga panggilan telepon selama perangkat terhubung ke koneksi internet. Samsung Gear S2 dibekali dengan kapasitas baterai lebih besar daripada smartband, yaitu sekitar 300 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 2 hari dalam kondisi digunakan.
 
Dengan fitur dan teknologi yang lebih beragam dibanding smartband, maka nggak heran kalau jam tangan pintar ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta ke atas. Nggak perlu bongkar tabungan buat beli tunai, sebab kamu bisa andalkan Kredivo untuk beli Samsung Gear S2 di merchant online dengan cicilan tanpa kartu kredit Lazada maupun di merchant rekanan Kredivo lainnyadan tanpa dp. Untuk melihat lebih detail cara daftar akun Kredivo, kamu bisa klik di sini.
Previous
Next Post »