Hindari Kesalahan Sepele Jika Ingin AC Rumah Anda Tahan Lama


Klasik, Malang
AC yang tidak dingin atau mengalami gangguan bahkan rusak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Entah itu umur AC yang sudah tua atau bahkan faktor-faktor hal sepele yang Anda lakukan baik sengaja maupun tidak sengaja. Penting bagi kita jika ingin menggunakan pendingin ruangan, ada baiknya mempelajari terlebih dahulu bagaimana sistem, jenis dan berbagai hal yang berhubungan dengan pendingin ruangan tersebut.
 
Kebanyakan orang tidak memperhatikan cara pemakaian AC yang baik dan benar. Oleh sebab itu, tidak heran pendingin ruangan Anda akan mengomel dan berhenti bekerja. Informasi dibawah ini akan sangat membantu Anda untuk mencegah terjadinya kerusakan sementara maupun permanen pada AC Anda. Inilah beberapa kesalahan sepele yang harus Anda hindari, sehingga pendingin ruangan dapat bekerja secara optimal. Yuk, disimak!
 
1. Salah memilih PK AC yang tidak sesuai dengan ruangan
Bagi Anda yang tidak mengetahui jenis-jenis peralatan elektronik seperti pendingin ruangan alias AC. Sebaiknya Anda mencari tahu informasi seputar itu! Salah dalam memilih AC yang tidak sesuai dengan ruangan Anda merupakan masalah klasik yang sering ditemui pada setiap hunian. Sebaiknya memilih PK AC berdasarkan luas ruangan Anda. Pelajari lebih mendalam mengenai cara mengukur PK AC yang baik untuk ruangan Anda. Salah dalam memilih PK AC untuk ruangan Anda, dapat berakibat ruangan tidak dingin walau sudah dinyalaka berjam-jam.
 
2. Jangan langsung menyalakan AC setelah listrik nyala
Hal ini seringkali dilakukan secara otomatis ketika listrik di rumah tiba-tiba padam. Kemudian setelah listrik nyala, Anda terburu-buru menyalakan AC karena kegerahan. Ternyata hal ini bisa menyebabkan kompresor pendingin ruangan Anda rusak. Sebaiknya biarkan AC dalam keadaan mati selama minimal 1 menit. Biarkan oli kompressor dan gas freon kembali ke kompressor dan beristirahat. Dengan begitu umur kompressor Anda akan lebih panjang. Cara menggunakan AC yang benar ini merupakan salah satu cara paling efektif dalam memperpanjang umur kompressor AC Anda.
 
3. Sering mengatur suhu dibawah 20 dengan maksimum speed
Walaupun udara sangat panas, menyalakan pendingin ruangan dengan suhu dibawah 20 dengan kecepatan fan maksimum merupakan kesalahan terbesar saat Anda menggunakan AC. Idealnya gunakan AC dengan suhu remote 24 dan Fan speed 1 atau 2 sudah lebih dari cukup dinginnya. Suhu dengan 24 dirasa cukup ideal untuk kondisi iklim di Indonesia yang cukup panas.  Aturlah suhu remote Anda pada suhu 23 atau 24. Dengan begitu kompressor AC Anda akan lebih awet karena tidak perlu kerja terlalu berat, dan suhu ruangan bisa tercapai sesuai dengan suhu remote.
 
4. Lupa mencuci atau menservice AC
Lupa mencuci AC dapat menyebabkan kotoran, debu dan segala macam jenis kuman, bakteri menempel pada filter, evaporator dan kipas AC. Salah satu indikator jika AC perlu dicuci yaitu ketika Anda menggunakan settingan suhu 24 dan kecepatan kipas 1. Namun ruangan tidak maksimal dinginnya. Anda jadi perlu menurunkan suhu menjadi 20 dan meningkatkan kecepatan kipas maksimum 4 sehingga ruangan baru akan terasa dingin. Hal ini tandanya AC perlu di service. Bila sudah kotor dan berdebu, pembuangan panas tidak bisa maksimal sehingga kompressor lebih sering mati karena terlalu panas. Sebaiknya rutin menservice ac minimal 3 bulan sekali. Dengan begitu Anda bisa menikmati kesejukan dengan nyaman.
 
5. Merokok dalam ruangan ber-AC
Bagi Anda yang merokok dalam ruangan ber-AC. Tandanya Anda harus lebih sering mencuci AC Anda setiap 2 minggu sekali. Filter AC yang menyaring asap rokok akan berdebu. Hanya hitungan 2 minggu saja, filter AC Anda bisa berdebu walaupun hanya debu-debu tipis. Asap yang ditimbulkan oleh rokok dapat menyebabkan debu dan kotoran menempel pada filter AC. Asap panas yang terhirup oleh AC juga dapat menyebabkan pendingin ruangan harus bekerja lebih extra. Filter yang kotor jika dibiarkan kotor akan menghasilkan udara yang tidak sehat. Sebaiknya merokoklah di ruangan terbuka, agar asap yang ditimbulkan tidak terperangkap dalam sebuah ruangan.
 
6. Tidak menutup pintu rapat
Tidak menutup pintu dengan rapat atau sering keluar masuk ruangan merupakan masalah klasik dalam cara menggunakan AC yang baik dan benar. Apabila Anda sering keluar masuk ruangan, pastikan pintu selalu ditutup rapat. Angin dingin akan langsung keluar ruangan ketika pintu tidak tertutup rapat dan AC akan kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan. Hal ini membuat kompresor akan bekerja lebih extra untuk menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote. Itulah mengapa sangat penting menutup pintu atau jendela dengan rapat.
 
Menjaga dan merawat kinerja pendingin ruangan agar tetap dingin dan memberi kesejukan bagi seisi rumah sangatlah penting. Gunakan jasa service ac surabaya untuk perawatan pendingin ruangann Anda agar lebih tahan lama. Selamat menjaga pendingin ruangan Anda agar tetap sejuk!
Latest
Previous
Next Post »