6 Jembatan Unik di Dunia yang Mampu Membuat Kamu Takjub


Klasik, Malang
Pada umumnya jembatan memang dibuat dan dibangun secara melintang yang biasanya digunakan untuk menghubungkan satu titik lokasi ke lokasi lainnya.
 
Namun apa jadinya jika jembatan dibangun dengan bentuk yang unik, bahkan digunakan juga sebagai tempat selfie. Berikut ini jembatan unik di dunia yang dilansir dari situs yang memberikan harga murah untuk hotel murah di Bali, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, serta destinasi lainnya, Reservasi.com :
 
1. Jembatan Cinta Pring Wulung
Jembatan ini berbentuk hati (love) yang terbuat dari bambu Pring Wulung. Jembatan Cinta Pring Wulung jadi tempat wajib untuk berselfie. Tulisan-tulisan lucu ada di sini seperti “Cari Jodoh”, “Semoga kita Jodoh”, “Kalau udah Jomblo, Kabarin ya!” serta tulisan lucu lainnya yang tersedia di sana.
 
- Harga Tiket Masuk : Rp 5.000
- Biaya Parkir : Rp 2.000
- Lokasi Jembatan Cinta Purbalingga: Desa Panusupan, Rembang, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53356.
- Akses Menuju Jembatan Cinta: Dari Purbalingga berjarak kurang dari 40 km, setelah memasuki gerbang menuju Desa Panusupan, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk jalan yang sudah disediakan oleh pengelola di sepanjang jalan.
 
2. Europabruecke atau Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia
Europabruecke atau jembatan gantung terpanjang di dunia ini adalah alat penyebrangan yang baru diresmikan pekan lalu tepatnya pada tanggal 29 Juli 2017 di Randa, Swiss.
 
Europabruecke dibuat untuk menggantikan jembatan sebelumnya yang ditutup pada tahun 2010 karena mengalami kerusakan akibat longsor. Membentang sepanjang 494 meter, jembatan ini sukses bikin kaki gemetaran saat melewatinya.
 
Titian ini menghubungkan kota Zermatt dan Graechen yang memang sering kali dijadikan sebagai destinasi hiking favorit para traveler.
 
Pemandangan kawasan tebing-tebing pegunungan yang sebagian tertutup salju dan pepohonan yang asri akan menyambut kamu saat berada di sini.
 
Keindahan menakjubkan dari Jurang Grabengufer yang berada di kaki Gunung Dom yang merupakan gunung tertinggi di Swiss berkat ketinggiannya yang mencapai 4545 meter ini juga jadi salah satu keistimewaan pemandangan yang ada di sini.
 
3. Jembatan dengan Desain Simpul Tali
Bisa dibilang China memang punya banyak jembatan yang spektakuler, tak hanya jembatan tertinggi. Ada juga jembatan yang didesain dengan menyerupai simpul tali. Jembatan ini punya nama “Simpul Keberuntungan” yang dibuat untuk pejalan kaki melewati berbagai rute di sepanjang  jalan dragon king harbour river.
 
Jembatan unik di China ini terinspirasi dari Mobius strip. Möbius strip adalah sebuah model yang setiap sisinya saling menyambung dengan satu sisi lainnya. Sifat Mobius strip dilihat dari  sebuah garis yang ditarik mulai dari lapisan bawah tengah yang bertemu kembali dengan sisi lainnya.
 
Jembatan punya ukuran panjang 185 meter dengan tinggi 24 meter menyuguhkan pemandangan indah danau Meizi, kota Changsha, dan pegunungan di sekitarnya.
 
4. Jembatan Kelok 9
Jembatan Kelok 9 jadi salah satu ikon wisata di Sumatera Barat, dengan jalan berkelok yang lokasinya di perbukitan.
 
Jembatan Kelok 9 adalah jalan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Riau, tepatnya terletak di Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Koto.
 
Jalur ini merupakan jalur yang paling dekat untuk menghubungkan kota Padang dan Pekanbaru yang jaraknya 350 km. Kelok Sembilan sendiri berada pada jarak 180 km dari arah Pekanbaru, dan dari Payakumbuh berjarak 25 km.
 
Jembatan yang dibangun dengan panjang sekitar 2,5 km, tinggi tiang beton mencapai 58 m dan lebar ruas jalannya sekitar 13,5 m ini menghubungkan Sumatera Barat dan Riau. Pembangunan jembatan ini tak tanggung-tanggung, karena menelan dana hingga 600 Miliar Rupiah dan diklaim dapat menampung 14.000 kendaraan setiap harinya.
 
Jembatan Kelok 9 ini memang tak hanya berfungsi sebagai jalur penghubung antar dua provinsi saja, tapi juga menjadi lokasi wisata. Selepas melewati jembatan Kelok Sembilan ini ada spot menara pandang yang ramai dikunjungi turis.
 
5. Jembatan Trampolin
Jembatan unik ini berdiri melintang di atas Sungai Seine, tidak jauh letaknya dari Menara Eiffel yang ada di Paris.
 
Jembatan ini terbilang unik karena kamu perlu meloncat-loncat terlebih dahulu sebelum sampai ke tujuan. Selagi meloncat-loncat, kamu tak perlu takut terlempar keluar karena setiap penyebrangan akan dipinjamkan sebuah jaket pelampung, jadi aman nih.
 
Jembatan ini berbentuk tiga buah pelampung yang bentuknya mirip donat-donat yang sedang berjejer. 
 
6. Jembatan Balon Helium
Jembatan ini bisa terbang lho. Jembatan yang berlokasi di Inggris ini bisa terbang berkat dikaitkan dengan tiga balon helium.
 
Jembatan ini  dibangun melintasi sebuah danau di Inggris. Saat melintasi jembatan ini, kamu merasakan seolah “melayang” di jembatan ini. Jadi saat melewati ini, kamu harus pintar-pintar melatih keseimbangan tubuh kamu ya!
 
Kamu tahu jembatan unik lainnya? Langsung tambahkan pada kolom komentar di bawah saja ya!
 
Nah untuk kamu yang mau pesan hotel murah di destinasi lain seperti Yogyakarta, Semarang, Bandung, serta destinasi lainnya, pesan saja di Reservasi.com. Diskonnya hingga Rp1 Juta lho.
Previous
Next Post »