Tips dan Trik Cerdas dalam Memilih Kucing


Klasik, Malang
Memelihara binatang peliharaan merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh manusia. Saat ini sudah sangat umum kita jumpai binatang peliharaan di rumah-rumah. Binatang peliharaan yang menjadi favorit untuk dipelihara juga beragam macamnya. Ada yang senang memelihara anjing, kucing, kelinci, marmut, dan lain sebagainya.
 
Berbagai alasan pasti kita dapati ketika menanyakan tujuan orang-orang memelihara binatang peliharaan. Mungkin alasan yang paling sering kita dengar adalah binatang peliharaan dapat dijadikan teman di kala rasa sepi melanda. Orang yang memiliki binatang peliharaan biasanya tidak akan merasa kesepian, karena mereka merasa memiliki teman bermain, yaitu binatang peliharaannya.
 
Nah, bagi sobat yang mungkin baru memiliki hasrat untuk mempunyai binatang peliharaan, mungkin harus memperhatikan tips-tips dalam menentukan pilihan binatang peliharaan. Mengapa kita perlu memperhatikan dan mencermati tips untuk memilih binatang peliharaan? Jawabannya sederhana sob, yakni untuk memudahkan kita dalam hal perawatan dan pemeliharaannya.
 
Ketika kita salah memilih binatang peliharaan, maka pasti akan berimbas pada diri kita sendiri. Karena setiap binatang peliharaan memiliki karakteristik berbeda-beda sob, tergantung pada jenisnya. Perbedaan karakteristik tersebut juga akan berdampak pada cara merawatnya sob. Ada binatang peliharaan yang tidak terlalu menyita pengorbanan dari pemeliharanya, ada juga binatang peliharaan yang sangat menyita pengorbanan pemeliharanya, baik tenaga, pikiran, dan terlebih lagi materi.
 
Kali ini yang menjadi fokus pembahasan kita adalah kucing sob. Bukan berarti saya mengenyampingkan binatang-binatang peliharaan lain ya sob, he he he… Yuk langsung kita bahas satu per satu tips memilih kucing yang tepat.
 
1. Cari Informasi terkait Kucing
Mencari info tentang kucing peliharaan yang tepat bagi kita adalah tips pertama dan utama dalam menentukan pilihan kucing peliharaan. Kita tidak bisa serta-merta langsung mendatangi pasar hewan, pet shop, atau rumah pengadopsi kucing, lantas kemudian membeli kucing tersebut tanpa didahului penggalian informasi terkait kucing peliharaan.
 
Informasi yang kita cari adalah terkait jenis atau ras kucing, usianya, serta jenis kelaminnya. Kita tidak boleh terburu-buru dalam menentukan pilihan kucing peliharaan. Informasi terkait hal itu saat ini nampaknya sudah sangat mudah kita dapatkan dari majalah-majalah hewan peliharaan, situs internet yang khusus membahas hewan peliharaan, perkumpulan atau yang biasa dikenal dengan komunitas pecinta kucing (cat lovers).
 
2. Memperhatikan Kondisi Kucing
Setelah sobat mencari informasi terkait kucing yang ingin sobat pelihara, tentunya sobat semua sudah menentukan kucing jenis apa yang akan sobat jadikan sebagai peliharaan. Nah, langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah mencari kucing incaran kalian. Kalian bisa mengunjungi pet shop, pasar hewan, situs yang melayani jual-beli kucing, dan lain sebagainya.
 
Sebelum membeli kucing peliharaan, ada baiknya kalian harus memperhatikan kondisi dari kucing incaran kalian tersebut. Hal yang paling umum dan harus betul-betul diperhatikan secara serius adalah kondisi kesehatan kucing tersebut. Ada baiknya sobat memperhatikan apakah kucing tersebut sudah melewati pemeriksaan dokter hewan atau spesialis hewan. Ketika kucing yang sobat pilih sudah melalui pemeriksaan dokter atau spesialis hewan, dan kemudian dinyatakan sehat dan memiliki silsilah keturunan dari ras yang jelas, maka langsung sikat aja sob kucing itu, he he he…
 
Selain faktor kesehatan dan kejelasan silsilah keturunannya, seekor kucing biasanya juga dipilih berdasarkan faktor fisiknya. Kucing yang tepat untuk menjadi pilihan peliharaan sobat adalah yang memiliki fisik yang bagus, seperti warna dan corak rambut yang menarik, tubuh yang gemuk dan montok. Sobat juga perlu memeriksa bagian-bagian yang jarang diperhatikan, seperti bagian telinga, mulut, dan lain sebagainya. Apabila bagian-bagian tersebut bersih, itu artinya kucing tersebut terawat dan pantas dijadikan peliharaan sobat.
 
Hal terakhir yang wajib sobat pertimbangkan ketika memilih kucing adalah pilihlah kucing yang aktif dan responsif. Usahakan untuk tidak memilih kucing yang pendiam. Kucing yang aktif dan responsif adalah salah satu pertanda bahwa kucing tersebut bukan hanya sehat secara fisik, akan tetapi juga sehat secara mental.
 
Dari dua tips di atas, barangkali sobat semua sudah mendapat pencerahan tentang pemilihan kucing yang tepat. Tugas sobat selanjutnya adalah memperhatikan cara memelihara anak kucing tersebut ya… Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »