Tips Memilih Dekorasi Rumah Shabbychic


Klasik, Malang
Mendesain rumah yang dimiliki dengan desain yang menarik merupakan suatu kebutuhan. Mengingat rumah adalah hunian terbaik yang seringkali dijadikan sebagai tujuan untuk melepas penat setelah sekian jam melakukan aktivitas.
 
Maka dari itu tak heran jika sebagai pemilik rumah kita selalu berupaya untuk menghadirkan nuansa yang nyaman dan menarik untuk ruangan rumah. Berkaitan dengan hal tersebut, belakangan ini dekorasi rumah yang banyak diminati oleh masyarakat adalah derkorasi rumah minimalis bergaya shabbychic.
 
Salah satu ciri khas dekorasi rumah bergaya shabbychic adalah penataan interior dengan menghadirkan furniture antik seperti credenza, vas bunga, frame, kaca, kain, atau benda seni lainnya. Biasanya, furniture ini bebahan kayu dan nantinya dicat dengan sapuan warna putih. Selanjutnya diamplas supaya permukaannya mengkilap sehingga memberikan kesan vintage dan berumur. Selain kayu, material yang digunakan untuk dekorasi rumah bergaya shabbychic ini adalah material fabric yang akan menjadi elemen utama.
 
Kain yang digunakan adalah kain yang memiliki motif serta warna pastel yang umumnya bermotif floral. Pada dasarnya gaya shabbychic tidak hanya mengaplikasikan warna dan kontras yang tinggi saja melainkan cenderung bermain dengan ruang monokrom yang aman.  Berikut tips memilih dekorasi rumah minimalis shabbychic.
 
1. Memilih Warna Pastel
Pilihlah cat tembok dengan warna pastel yang lembut sepert hijau, krem, dan putih daging. Warna tersebut bisa diaplikasikan secara tidak merata pada panel dinding atau furniture pengisi ruangan sehingga muncul kesan unfinished. Ketika memilih warna, usahakan memilih warna utama dan kombinasikan dengan warna komplementernya.
Misalnya saja biru muda menjadi warna utama maka warna ruang bisa ditambahkan dengan warna abu-abu muda dan sedikit putih.
 
2. Memilih Katun Bermotif
Salah satu elemen yang paling dominan dalam dekorasi rumah bergaya shabbychic adalah kain bermotif flannel. Pengaruh ini datang dari inggris yang mana banyak rumah dengan menggunakan chintz, kain tenun bermotif flora, seperti penutup sofa dan gorden.
 
3. Aksesoris Antik
Dalam dekorasi rumah bergaya shabbychic, Anda bisa menghadirkan nuansa vintage dengan menghadirkan elemen pendukung seperti pernak-pernik antik. Salah satu yang paling mudah adalah tea set bermotif flora yang kini banyak tersedia di pasar aksesoris di kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Jakarta, Ubud, atau Solo.
Previous
Next Post »