Cari Tau Kriteria Sumber Mata Air Terbaik


Klasik, Malang
Sobat, jika kalian disuruh memilih antara dua pilihan, yaitu tidak makan seminggu atau tidak minum seminggu, mana yang akan kalian pilih? Pasti kebanyakan dari kalian memilih untuk tidak makan seminggu, bukan begitu sob? Bayangkan saja ketika tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan selama seminggu penuh, mungkin saja kita meninggal karena hal itu sob. Dari hal itu bisa kita simpulkan bahwa air sangat dibutuhkan oleh manusia. Mengapa? Karena lebih dari setengah komposisi tubuh manusia adalah air sob. Kita sering dianjurkan untuk tidak sembarangan dalam mengonsumsi air, karena banyak kriteria sumber air yang baik yang harus diperhatikan.
 
Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia adalah air. Sebenarnya tidak hanya dibutuhkan oleh manusia saja sob, air sangat vital peranannya bagi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup di bumi. Hampir semua jenis hewan membutuhkan air, mulai dari yang hidup di darat sampai yang hidup di udara, dan tentunya yang hidup di air itu sendiri, seperti ikan. Semua makhluk hidup tersebut membutuhkan air untuk tetap bertahan hidup.
 
Bagi manusia sendiri, air dibutuhkan tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi juga untuk keperluan atau kebutuhan sehari-hari. Misalnya untuk kebutuhan rumah tangga (mencuci, memasak, mandi), untuk bidang pertanian, peternakan, dan masih banyak lagi.
 
Karena lagi bahas masalah air, ane jadi ingat materi pas awal-awal masa kuliah dulu nih sob, hehehe. Saking vitalnya peranan air bagi kehidupan makhluk hidup, sampai-sampai salah satu filosof yunani kuno pada saat itu mengatakan bahwa asal-usul alam semesta ini adalah air. Tidak mengherankan sih, karena komposisi bumi sendiri mayoritas adalah air.
 
Sobat, kita pastinya sudah tidak asing dengan himbauan untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh. Kita bisa menemui himbauan tersebut dimana-mana, ada yang berupa spanduk besar di pinggir jalan, iklan di televisi, dan masih banyak lagi. “Konsumsilah air tidak kurang dari delapan gelas per hari”, begitulah biasanya isi dari himbauan tersebut. Hal itu tidaklah berlebihan sob. Cairan di tubuh kita memang harus terpenuhi. Sangat beragam dampak buruk yang bisa kita rasakan jika tubuh kekurangan cairan.
 
Air yang kita konsumsi harus air yang benar-benar berkualitas sob. Biasanya air yang berkulitas baik itu dapat ditemukan di sumber-sumber air yang berkualitas pula. Lantas, kita perlu tau bagaimana kriteria sumber air yang baik tersebut. Sumber air yang baik, salah satu kriterianya yang paling sering dikemukakan oleh para ahli adalah sumber mata air yang berada di daerah pegunungan vulkanik.
 
Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa Indonesia tidak akan kekurangan sumber air berkualitas. Mengapa demikian, sob? Karena Indonesia memiliki banyak pegunungan vulkanik yang tersebar di seluruh wilayahnya.
 
Mengapa sumber air yang berada di pegunungan vulkanik disebut memiliki kualitas terbaik? Hal ini dikarenakan area pegunungan vulkanik sangat minim dari pencemaran, atau bahkan bebas pencemaran. Karena bebas dari pencemaran itulah maka air yang berasal dari pegunungan vulkanik memiliki tingkat kejernihan yang bagus, tidak berwarna, dan tidak berbau. Sumber mata air pegunungan juga terhindar dari logam-logam kimiawi yang dapat merusak kualitas air itu sendiri.
 
Nah, dengan mengetahui kriteria sumber air yang baik tadi, kita jangan asal mengonsumsi air sob. Perhatikan dulu kualitasnya, sehingga manfaat dan khasiat besar dari air yang kita konsumsi dapat berguna bagi tubuh.
Previous
Next Post »