Teh: Minuman Sederhana yang Kaya Manfaat


Klasik, Malang
Siapa sih yang tidak pernah mendengar yang namanya teh? Di antara sobat semua pasti sering mendengar dan mencicipi minuman yang satu ini, atau bahkan ada yang menjadi penggemar berat teh. Seperti kita ketahui bahwa teh sudah sangat popular. Kepopuleran teh ini bisa saja kita sandingkan dengan salah satu minuman paling terkenal dan banyak dinikmati orang di seluruh belahan dunia, seperti kopi. Teh juga dikenal sebagai jamuan wajib yang harus disediakan oleh tuan rumah kepada tamu yang berkunjung ke kediamannya. Minuman sederhana ini nampaknya biasa-biasa saja dan tidak terlalu diperdulikan manfaatnya. Akan tetapi setelah diteliti lebih mendalam, minuman ini mengandung berbagai khasiat bagi tubuh manusia. Baik khasiat untuk kesehatan, sampai untuk kecantikan.
 
Teh sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, oleh karenanya tidak heran bahwa minuman ini dikenal sebagai minuman yang melegenda. Pada awalnya, teh tidak hanya sekadar dinikmati sebagai minuman di kala bersantai. Akan tetapi pada saat itu di negara asalnya, yaitu cina, teh lebih dikenal sebagai tanaman obat.
 
Seiring berjalannya waktu, fungsi teh sebagai tanaman obat semakin kurang dikenal. Saat ini, teh hanya dikenal sebagai teman dikala santai. Cara orang menikmati minuman yang satu ini juga beragam. Ada yang menyukai teh ketika disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Ada pula yang suka menikmati teh dalam keadaan dingin.
 
Selain dikenal dengan kesegarannya, teh juga dikenal akan manfaatnya. Mari kita kenali manfaat minum teh sob. Teh diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas. Sobat tentu sudah mengerti mengenai efek yang ditimbulkan oleh radikal bebas jika berhasil masuk ke tubuh kita. Dampak yang ditimbulkan ketika tubuh kita tidak mampu menangkal radikal bebas cukup mengerikan loh sob. Sebagai contoh adalah bisa jadi tubuh kita dijangkiti kanker, penyakit jantung, dan lain sebagainya.
 
Ada satu manfaat teh yang paling dikenal dan fenomenal di kalangan wanita, yakni sebagai salah satu konsumsi wajib dalam program diet. Salah satu jenis teh yang diyakini dapat menurunkan berat badan adalah teh hijau. Salah satu studi tentang teh hijau yang pernah dilakukan menyatakan bahwa ekstrak teh hijau dapat mengganggu dan mengurangi pembentukan lemak tubuh yang merupakan komponen utama penyebab obesitas (kegemukan). Satu hal yang harus diperhatikan adalah kalian tidak boleh terlalu banyak mencampurkan gula ke dalam teh yang akan kalian konsumsi. Jadi, jangan bikin teh manis-manis ya sob.
 
Tentu bukan hanya itu sob khasiat yang dimiliki teh. Masih banyak manfaat yang kita dapatkan jika mengonsumsi minuman ini. Dengan mengetahui manfaat minum teh, maka jadikanlah minuman ini sebagai teman di kala santai dan sekaligus sebagai minuman yang segar dan menyehatkan.
Previous
Next Post »