Begini Tips Cara Melunasi Hutang Dengan Mudah


Klasik, Malang
Utang merupakan suatu kegiatan meminjam sesuatu untuk kemudian dikembalikan. Utang merupakan pinjaman yang umumnya berupa uang. Masyarakat yang memiliki utang pasti merasa tidak tenang karena belum bisa menemukan cara melunasi utang yang dimilikinya. Utang dapat berasal dari kartu kredit, dan pinjaman–pinjaman yang biasanya diajukan kepada pihak bank. Dampak buruk seperti stress dan putus asa dapat terjadi apabila utang–utang sudah menumpuk, berjumlah besar dan anda tidak tahu bagaimana cara melunasi utang. Untuk itu jika ingin mengajukan pinjaman juga berkeinginan untuk berutang melalui kartu kredit, ada beberapa langkah untuk melakukannya, diantaranya:
 
1. Memperkirakan jumlah utang
Sebelum membuat kartu kredit, melakukan pinjaman di bank atau lembaga keuangan lainnya, anda harus membuat perkiraan jumlah utang yang ingin anda ambil. Dengan mengenali staf atau orang – orang yang terlibat dalam peminjaman tersebut. Dengan mencoba salah satu cara melunasi hutang seperti ini akan membantu anda untuk memperkirakan berapa jumlah utang yang anda miliki serta bisa membuat sendiri bagaimana alur pembayarannya. Melalui perkiraan data tagihan seperti ini anda bisa mencatat serta membuat prioritas agar memudahkan membayar hutang nantinya.
 
2. Menghitung sendiri perkiraan besar utang dan bunga
Setelah mengetahui perkiraan jumlah utang anda, maka saatnya anda berhitung  dengan perkiraan besar utang dari pinjaman atau kartu kredit yang digunakan. perkiraan besar utang anda ini bukan saja terkait dengan jumlah uang yang harus anda bayarkan, namun juga dilengkapi dengan bunga yang sudah disepakati bersama dengan pihak – pihak yang berkaitan.
 
Sebagai contoh ketika anda menggunakan kartu kredit atau mendapatkan dana pinjaman melalui kredit tanpa agunan. Anda juga harus mempersiapkan perhitungan bunga yang akan dibayarkan. Dengan membuat perkiraan seperti itu, anda akan jadi lebih mengetahui berapa jumlah uang yang harus anda keluarkan.
 
3. Mengukur kemampuan bayar
Jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk utang anda harus seimbang dengan jumlah pendapatan yang masuk ke dalam tabungan pribadi anda. Ini Bertujuan untuk pemasukan dan pengeluaran yang anda lakukan agar berjalan dengan seimbang. Sebagai contoh, jumlah pemasukan untuk biaya hidup jangan sampai terlalu besar dan harus anda batasi Karena anda harus membayar sejumlah uang untuk melunasi utang-utang yang sudah dijalankan. selanjutnya, selalu periksa serta sesuaikan kemampuan keuangan anda dalam mengajukan serta membayar utangnya.
Previous
Next Post »