Tingkatkan Kualitas Olahan Kue dengan Tepung Jagung Pilihan


Klasik, Malang
Sobat, ketika berbicara tentang masak-memasak kue, kita sering mengenal bahan-bahan seperti gula, telur, tepung (baik terigu, tepung jagung/ corn starch Markaindo, atau tepung lainnya), dan lain sebagainya. Bahan-bahan yang saya sebutkan di atas merupakan bahan dasar untuk membuat berbagai macam olahan kue. Mulai dari kue basah, sampai olahan kue kering. Indonesia memang terkenal dengan berbagai jenis kuliner, terutama ragam jenis olahan kuenya. Hampir seluruh daerah di negeri ini mempunyai olahan kue khas. Keragaman olahan kue tersebut merupakan tanda bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya akan ragam kuliner.
 
Tahukan Anda bahwa ada satu bahan yang tidak dapat dilepaskan dengan berbagai olahan kue, yaitu tepung. Tepung bisa dikatakan sebagai bahan utama untuk membuat satu olahan kue. Tentu sobat semua sudah tau dan mengenal apa itu tepung. Tepung dapat dihasilkan dari sesuatu yang bersifat nabati (berasal dari tumbuh-tumbuhan), ataupun hewani (berasal dari hewan).
 
Contoh tepung yang berasal dari bahan nabati adalah tepung jagung (berasal dari pati jagung), tepung terigu, tepung kanji (berasal dari sari pati singkong atau ubi), tepung sagu (terbuat dari sari pati batang pohon sagu), tepung beras (terbuat dari gilingan beras), tepung ketan (terbuat dari gilingan ketan), dan masih banyak lagi. Sedangkan tepung yang berasal dari bahan hewani adalah tepung ikan, tepung tulang, dan lain sebagainya. Sobat, perlu kalian ketahui bahwa penggunaan jenis tepung yang berasal dari hewan sangatlah jarang. Jenis tepung yang lazim digunakan dalam proses masak-memasak adalah tepung yang berasal tumbuh-tumbuhan, seperti tepung jagung dan tepung terigu.
 
Kebetulan sekali Ibu saya merupakan salah satu orang yang gemar memasak kue basah. Baik itu untuk dikonsumsi sendiri dan keluarga di rumah, maupun untuk memenuhi pesanan orang-orang (dijual). Tidak hanya ibu saya, kegemaran mengolah kue ini juga dilakukan oleh bibi-bibi saya. Rupanya keahlian dan kegemaran dalam membuat olahan kue ini sudah diturunkan oleh nenek saya dahulu. Berbagai olahan kue basah sering menghiasi dapur rumah saya. Kebanyakan dari kue tersebut merupakan jenis kue basah khas daerah saya (Kalimantan).
 
Berawal dari hal tersebutlah, saya sudah tidak asing dengan bahan-bahan utama untuk membuat kue basah, yang di antaranya adalah tepung. Sebagaimana yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa tepung memiliki banyak jenis, di antaranya adalah tepung terigu dan tepung jagung.
 
Apakah sobat mengenal istilah corn starch?? Mungkin terasa asing di telinga kalian yaa. Tapi ketika diperdengarkan istilah tepung jagung, apakah sobat masih asing?? Sebagian besar dari kalian mungkin sudah akrab dengan yang namanya tepung jagung. Bagi sobat yang belum tau apa itu tepung jagung, saya akan ulas secara mendalam disini. Corn starch atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan tepung jagung atau pati jagung adalah tepung yang diperoleh dari ekstrak biji jagung. Tepung yang berwarna putih ini memiliki berbagai macam kegunaan. Tentu kegunaan yang berhubungan dengan dapur alias masak-memasak yaa sob, salah satunya adalah untuk memasak kue. Dengan mencampurkan tepung atau pati jagung, olahan kue yang dihasilkan akan menjadi lebih kental dan memiliki tekstur yang lembut. 
 
Salah satu tepung atau pati jagung yang cukup popular di Indonesia adalah tepung jagung Markaindo (corn starch Markaindo). Pati jagung ini sudah cukup lama eksis di Indonesia. Kebutuhan masyarakat akan pati jagung berkualitas tinggi membuat corn starch Markaindo mampu eksis sampai saat ini. Di samping itu, faktor yang cukup mempengaruhi eksistensi pati jagung Markaindo ini adalah masalah harga. Pati jagung Markaindo memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga mampu bersaing dengan produk sejenis dengan merk berbeda. Untuk menghasilkan olahan kue yang nikmat dan berkualitas, corn starch Markaindo merupakan pilihan yang tepat bagi Anda.
Previous
Next Post »