Ragam Manfaat Lidah Buaya Bagi Tubuh Manusia


Klasik, Malang
Sobat, tentu kalian sudah tau dan mengenal dengan yang namanya tanaman atau tumbuhan lidah buaya. Lidah buaya nampaknya sudah sangat popular di Indonesia. Tanaman yang biasa disebut juga dengan istilah aloe vera ini sudah dikenal manusia sejak ribuan tahun lalu. Banyak yang menyebutkan bahwa tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan di dataran kering, seperti di daerah benua afrika. Meskipun nyatanya di daerah tropis seperti Indonesia ini kita sangat sering menjumpai lidah buaya tersebut.
 
Meskipun sudah sangat dikenal, tetapi mungkin ada di antara sobat semua yang masih belum kenal dengan yang namanya tumbuhan lidah buaya ini. Oke, saya jelasin dikit ya sob. Tumbuhan ini berwarna hijau sob, memiliki daun yang memanjang dan lancip, serta terdapat gerigi di samping kanan dan kirinya. Gerigi tersebut hampir mirip seperti duri kecil, yang tentunya dapat melukai kita jika tidak berhati-hati ketika menyentuh dan memegang tumbuhan ini.
 
Ketika kita berbicara tentang tumbuhan lidah buaya, kita tidak dapat terlepas dari beribu manfaat yang dikandung tumbuhan ini. Ternyata berbagai khasiat dan manfaat yang terkandung dalam tanaman lidah buaya sudah diketahui oleh bangsa Mesir kuno, yakni sekitar 1500 tahun sebelum masehi. Oleh karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya, maka tidak heran masyarakt Mesir pada saat itu menyebut tanaman lidah buaya dengan sebutan tanaman keabadian. Itu hanyalah salah satu bukti kehebatan bangsa Mesir kuno dalam hal pengetahuan. Seperti kita ketahui bersama bahwa bangsa Mesir kuno menjadi kiblat bagi bangsa lain dalam hal kebudayaan dan ilmu pengetahuan pada masa itu.
 
Di antara kasiat lidah buaya yang diketahui sampai saat ini adalah sebagai berikut:
1. Lidah buaya memiliki kasiat untuk menyehatkan tubuh. Jus lidah buaya dipercaya dapat menjaga alkalisasi tubuh. Alkalisasi adalah proses menjaga kadar keasaman tubuh kita sob. Jadi, dengan mengonsumsi jus lidah buaya, kadar keasaman pada tubuh kita dapat terjaga dengan baik.  Itu karena jus lidah buaya merupakan salah satu jenis panganan yang bersifat alkali. Selain untuk menjaga kadar keasaman tubuh, lidah buaya juga mampu mengeluarkan racun dari tubuh, menjaga sistem kekebalan tubuh, mengurangi berat badan, menjadi sumber vitamin dan mineral, menjadi sumber asam amino, dan lain sebagainya.
 
2. Lidah buaya sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Di Indonesia sendiri, lidah buaya lebih dikenal manfaatnya untuk menyuburkan rambut ya sob. Waktu saya kecil, saya sering disuruh oleh Ibu saya untuk mengoleskan lendir lidah buaya ke kulit kepala saya. Menurut Ibu saya, hal itu bisa menyuburkan rambut. Ternyata memang benar apa yang dikatakan oleh Ibu saya. Sampai saat ini, saya memiliki rambut yang lebat, hitam, dan tumbuh dengan cepat sekali.
 
Selain untuk rambut, lidah buaya juga sangat berguna bagi kulit manusia. Di antara manfaat tanaman lidah buaya bagi kulit adalah dapat menjadi pelembab, melindungi dari sengatan sinar matahari langsung, mencegah penuaan dini, dan masih banyak lagi.
 
Sobat, manfaat yang tertulis di atas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak manfaat yang dikandung tumbuhan lidah buaya. Mulai saat ini, jangan remehin tanaman lucu itu ya sob, karena ia memiliki kandungan manfaat yang sangat besar bagi kita.
Previous
Next Post »