Pameran Seni Rupa Berkelas di Venice Biennale


Klasik, Malang
Ketika berbicara tentang seni, apa yang terlintas di benak sobat? Tentu sobat semua punya berbagai macam persepsi tentang seni. Ada yang mengatakan bahwa seni adalah sesuatu yang dihasilkan oleh daya kreasi manusia. Ada pula yang berpendapat bahwa seni adalah sesuatu yang indah dan tercakup dalam segala keindahan. Seni itu indah, dan segala keindahan adalah seni. Bisa jadi manusia tidak bisa dilepaskan dari yang namanya seni. Maka dari itu, tidak heran jika instalasi seni dalam pameran-pameran seni yang digelar dimanapun, biasanya ramai dikunjungi orang, tak terkecuali Go A Head People yang notabenenya merupakan kumpulan orang-orang kreatif yang bernaung di bawah satu perkumpulan.
 
Semua pendapat tentang seni di atas sudah menggambarkan pengertian seni ya sob. Seni tidak hanya dimaknai dari beberapa sudut pandang saja. Cakupan makna seni ini sangatlah luas, dan setiap orang mungkin bisa saja memiliki pandangan berbeda tentang seni.
 
Karena berkaitan erat dengan keindahan, seni bertujuan untuk merelaksasi perasaan atau emosi seseorang. Emosi tidak hanya berkaitan dengan amarah lho. Segala perasaan yang berkaitan dengan kesedihan, gembira, benci, cinta, lelah, letih, dan lain sebagainya, merupakan makna dari istilah emosi ini. Sebagai manusia normal, kita semua pasti dapat dan pernah merasakan semua itu. Hal tersebut wajar karena setiap manusia memiliki dorongan emosional yang merupakan ekspresi jiwa.
 
Seni memiliki jenis yang bermacam-macam sob. Sebagai contoh adalah seni musik, seni sastra, seni rupa, dan lain sebagainya. Seni musik memiliki satu unsur utama dan sekaligus menjadi ciri khasnya, yaitu unsur bunyi. Musik menghasilkan harmoni dan ritme yang indah bagi yang mendengarkannya. Saat ini, mustahil rasanya menemukan orang yang tidak mengenal musik. Itu artinya bahwa musik sudah sangat popular dan mendunia.
 
Di samping seni musik, ada pula seni sastra. Seni sastra ini menggambarkan segala keindahan dalam bentuk tulisan (kaligrafi) dan juga melalui kata-kata, semisal puisi dan sajak.
Ada satu jenis kesenian yang tidak kalah popular dibandingkan dengan jenis seni lainnya, yaitu seni rupa. Seperti namanya, seni rupa memiliki unsur rupa yang dikelompokkan ke dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, seni rupa ada yang berdimensi dua dan ada pula yang tiga dimensi. 
 
Setiap orang memiliki berbagai macam cara untuk merelaksasi perasaannya melalui media seni. Ada orang yang merasakan ketenangan dan kebahagiaan ketika mendengarkan musik. Ada pula orang yang meluapkan segala emosi yang dirasakannya melalui kata-kata. Tidak sedikit pula yang menunjukkan kekagumannya pada seni dengan mengunjungi pameran-pameran seni yang diadakan di berbagai penjuru dunia.
 
Perlu sobat ketahui bahwa terdapat satu pagelaran seni rupa kelas dunia yang biasanya diadakan di Italia. Pagelaran seni rupa internasional tersebut bernama Venice Biennale. Pameran ini merupakan pameran seni tertua di dunia, yang tercatat telah diselenggarakan sejak tahun1895. Seperti namanya, gelaran seni ini diadakan di salah satu kota terindah yang ada di Italia, yaitu kota Venesia.
 
Pada setiap gelarannya, Venice Biennale selalu menyita perhatian para penikmat seni di seluruh dunia. Tercatat ada puluhan negara dan ratusan seniman yang ikut ambil bagian sebagai peserta yang memamerkan karya seninya di pameran ini. Di antara puluhan negara tersebut, tentunya Indonesia tidak ketinggalan untuk ambil bagian dalam pameran ini. Indonesia mengirimkan seniman-seniman terbaiknya untuk ikut dalam Venice Biennale ini.
 
Dengan kemegahan dan keunikan pameran yang diusung, maka tidak heran jika instalasi seni yang ada di Venice Biennale diserbu puluhan bahkan ratusan ribu pengunjung di setiap gelarannya.
Previous
Next Post »