Mencegah Bronkitis dengan Mengenali Gejala dan Penyebabnya


Klasik, Malang
Sobat, pernahkah kalian mendengar istilah bronkitis? Sebagian besar orang tentu sudah pernah mendengar atau bahkan mengenal istilah penyakit bronkitis. Bagi yang belum pernah mengenal istilah ini tentu bertanya-tanya, apa sih bronkitis itu? Apakah termasuk ke dalam katagori penyakit berbahaya ataukah tidak? Bagaimana ciri-cirinya? Apa penyebab seseorang bisa terjangkit penyakit ini? Yuk kita ulas bersama sob.
 
Bronkitis atau yang dalam bahasa inggris disebut bronchitis ini merupakan salah satu penyakit pernafasan. Bronkitis adalah suatu infeksi yang menyerang cabang tenggorokan (bronkus/saluran udara dalam paru-paru). Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan pada area atau saluran udara tersebut.
 
Pada umumnya, penyakit bronkitis ini dapat dikatagorikan sebagai penyakit yang bersifat ringan dan akan sembuh dengan sempurna jika ditangani secara tepat dan serius. Akan tetapi, pada kasus pasien berusia lanjut yang mengalami bronkitis dan sekaligus memiliki penyakit menahun (seperti penyakit paru-paru atau jantung), bronkitis bisa menjadi penyakit yang cukup serius dan amat berbahaya.
 
Bagi sobat semua yang masih berusia muda dan tidak mengalami penyakit menahun tentu juga wajib mewaspadai penyakit bronkitis ini. Mengapa tetap harus waspada? Karena penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan kapan saja, tidak memandang apakah muda ataupun tua, laki-laki ataupun perempuan, dan lain sebagainya.
 
Lantas, gejala apa saja yang biasanya dirasakan oleh penderita bronkitis? Pada kebanyakan kasusnya, pasien bronkitis pada awalnya menderita batuk dan disertai lendir atau dahak yang berwarna kekuningan ataupun kemerahan. Selain itu, penderita bronkitis juga merasakan sakit pada tenggorokan, rasa tidak nyaman pada bagian dada, sesak napas, demam, serta tubuh terasa lemah.
 
Sebagai antisipasi dan pencegahan, sobat perlu tau hal apa saja yang menyebabkan penyakit bronkitis ini dapat menjangkiti tubuh seseorang. Oleh karena bronchitis terjadi karena adanya infeksi pada saluran pernafasan, maka dapat diketahui bahwa penyebab utama dari infeksi tersebut adalah virus.  
Bagi sobat yang merokok nampaknya harus berhati-hati nih, karena menurut pendapat para ahli, kebanyakan penderita bronkitis merupakan seorang yang memiliki kebiasaan merokok. Mengapa? Karena setiap isapan rokok dapat menyebabkan kerusakan pada bulu-bulu kecil (rambut silia) yang terdapat di dalam paru-paru. Rambut silia itu berfungsi sebagai penghalau dan pembersih debu, kotoran, dan lendir yang ada di paru-paru. Singkatnya, ketika seseorang semakin banyak menghisap rokok, maka kemampuan rambut silia untuk menghalau segala kotoran dan lendir di dalam paru-paru semakin berkurang dan pada akhirnya rusak. Ketika lendir menumpuk di paru-paru, maka saluran pernafasan semakin mudah terserang infeksi dan penyakit, salah satunya bronkitis.
 
Karena penyebab bronkitis adalah virus dan bakteri, maka sobat perlu melakukan upaya pencegahan dengan menjaga diri dari bakteri dan virus tersebut. Salah satu cara menjaga diri dari serangan virus dan bakteri jahat adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan dengan sabun adalah cara yang biasa dilakukan agar tubuh kita tidak mudah terserang virus. Selain itu, sobat juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan tubuh terjangkit bronkitis, salah satunya adalah menghindari kebiasaan merokok. Satu peribahasa yang harus kita pegang adalah “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »