Kreasi Hiburan dengan Meme Lucu


Klasik, Malang
Sobat semua tentu sudah sangat akrab dengan istilah meme. Istilah meme ini memang lagi booming sob dalam beberapa tahun terakhir. Meme atau yang biasa dibaca mim ini sangat menarik perhatian ya sob. Setiap pengguna media sosial tentunya pernah melihat ataupun membaca sebuah meme.
 
Tahukah sobat bahwa istilah meme ini sudah ada sejak lama? Ya sob, istilah meme pertama kali ditemukan sekitar tahun 70an. Pada umumnya, meme berisi olok-olokan dan sindiran terhadap sesuatu fenomena yang lagi ramai dan booming pada saat itu.
 
Saat ini, meme tidak hanya berisikan olok-olokan atau sindiran saja. Akan tetapi kebanyakan dari meme yang kita temukan saat ini berisi komedi dan berfungsi sebagai alat lucu-lucuan. Meme lucu tersebut diwujudkan dalam bentuk media visual berupa gambar ilustrasi. Biasanya terdapat kata-kata yang erat kaitannya dengan gambar yang terdapat di dalam ilustrasi tersebut.
 
Meme sendiri pada awalnya disebarkan dari mulut ke mulut alias secara verbal. Di zaman yang serba internet dan menjamurnya media sosial seperti saat ini, meme sangat mudah diviralkan melalui media sosial. Kita dengan mudah menemukan meme di berbagai medsos, seperti facebook, BBM, twitter, instagram, dan lain sebagainya.
 
Berbagai fenomena yang lagi booming pada saat tertentu, baik fenomena dalam negeri maupun luar negeri, pasti tidak luput dari meme-meme lucu dan kreatif. Mulai dari fenomena politik, budaya, sosial, olahraga, dan lain sebagainya pasti ada kreasi memenya. Tangan-tangan kreatif netizen seakan tidak mengenal lelah untuk berkreasi membuat meme lucu. Kehadiran meme ini tujuannya hanyalah satu, yaitu untuk menghibur.
 
Tentu masih hangat dalam ingatan kita dengan fenomena demokrasi di negeri ini pada tahun 2014 lalu. Ya sob, ajang sekelas pemilihan presiden sekalipun tidak terlepas dari meme lucu. Banyak meme-meme viral yang berkaitan dengan pilpres pada saat itu. Begitu pun halnya dengan fenomena yang viral beberapa bulan yang lalu, yaitu fenomena Om Telolet Om. Viralnya fenomena yang kini mulai menghilang tersebut seolah terbantu dengan adanya meme. Sangat banyak meme yang menggambarkan fenomena aneh dan lucu tersebut.
 
Ketenaran meme ini memang sudah sangat mendunia. Meme juga tidak lekang ditelan zaman. Hal itu terbukti karena meme masih sangat eksis sampai saat ini dan diyakini masih akan tetap diminati sampai beberapa waktu ke depan. Kok bisa ya sob? Menurut ane sih karena meme ini berkembang mengikuti fenomena yang lagi hits pada saat ini. Karena tujuan adanya meme adalah untuk menghibur, jadi jangan baperan dan mudah tersinggung ya sob kalo lagi liat meme yang nyindir diri kita, hehehe.
Previous
Next Post »