Tips Mencegah Kemuculan Jerawat di Wajah


Photo by: bintang.com


Klasik, Malang
Penampilan sempurna merupakan idaman bagi setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Salah satu parameter atau ukuran penampilan seseorang biasanya terletak pada wajah. Pada umumnya, bagian tubuh yang dilihat pertama kali oleh orang adalah bagian wajah. Wajah yang menarik, cantik atau ganteng, dan mulus sangat didamba-dambakan. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat mulus tentu tidak gampang. Banyak upaya yang harus dilakukan, misalnya merawat kulit wajah secara berkesinambungan.

Salah satu hal yang biasanya menjadikan kulit wajah tidak menarik adalah adanya jerawat. Jerawat yang menempel pada wajah sangat mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Maka dari itu kita harus berusaha sebisa mungkin mencegah timbulnya jerawat. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Lantas, apa yang bisa kita lakukan agar bisa menghindari kemunculan jerawat?? Nih saya bagi tipsnya.

1.     Menjaga kebersihan wajah
Untuk mencegah datangnya jerawat, hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan wajah. Biasanya salah satu penyebab kemunculan jerawat adalah karena kotoran atau debu yang menempel pada kulit wajah dan dibiarkan begitu saja tanpa dibersihkan. Membasuh wajah adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan wajah Anda. Membasuh bukan hanya untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada wajah, tetapi juga dapat mengangkat sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Satu hal yang perlu sobat ingat adalah ketika membasuh wajah, gunakanlah sabun khusus untuk wajah. Kalau perlu carilah sabun wajah yang berasal dari bahan-bahan alami. Jangan gunakan sabun untuk tubuh, karena karakteristik kulit tubuh berbeda dengan kulit wajah. Pada umumnya kulit wajah lebih mudah terkena iritasi.

2.     Tidak menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah
Sobat, mengelap wajah dengan handuk sangat sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Sebenarnya hal ini harus dihindari. Berdasarkan tips dari para pakar kecantikan, apabila wajah kita sedang basah, maka biarkan sampai mengering dengan sendirinya. Bisa saja handuk yang kita gunakan untuk mengelap wajah tersebut mengandung banyak bakteri yang bisa masuk ke dalam pori-pori wajah, kemudian menyebabkan jerawat. Tetapi apabila keadaan dirasa cukup mendesak dan Anda harus segera mengeringkan wajah, gunakanlah sesuatu yang lembut, seperti tisu dan sejenisnya.

3.     Penggunaan make up secara berlebihan
Penggunaan make up secara berlebihan dapat menyebabkan munculnya jerawat juga loh sob. Nah, bagi cewek yang suka dandan perlu memperhatikan penggunaan make up nya tuh. Apabila sudah selesai menggunakan make up, segeralah bersihkan wajah Anda dengan menggunakan sabun khusus wajah.

Pada kasus lainnya, kemunculan jerawat dapat pula disebabkan karena jenis make up tersebut tidak cocok dengan karakteristik kulit wajah. Buat para ladies, kalian harus berhati-hati ya dalam memilih jenis make up yang ingin digunakan. Perhatikan karakteristik kulit wajah kalian, apakah termasuk kulit yang sensitive atau tidak.

Sekian tips untuk mengindari munculnya jerawat pada kulit wajah. Semoga kita semua bisa terhindar dari monster kecil yang menggangu penampilan ini yaa… Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »