Memiliki Tubuh yang Sehat dengan Melakukan Hal Sederhana

Photo by: dokterlia.com

Klasik, Malang
Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan bugar, serta fisik yang prima. Dengan kondisi seperti demikian tentunya akan menjadikan segala aktifitas akan dapat dilakukan dengan sempurna. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Mungkin peribahasa tersebut sudah sangat sering sobat jumpai. Artinya bahwa ketika kita memiliki tubuh yang sehat, bugar, dan prima, maka hal tersebut serta merta akan menyehatkan jiwa kita. Begitu pula sebaliknya, artinya ada hubungan timbal balik dalam hal tersebut.
Tubuh yang prima tidak mungkin dapat diperoleh hanya dengan tidur-tiduran dan hidup santai. Diperlukan usaha yang keras dan konsisten untuk mendapatkan kondisi tubuh seperti di atas. Cara yang kita lakukan tidaklah harus memakan biaya yang besar. Misalkan harus membeli alat-alat fitness untuk berolahraga di rumah, mengonsumsi makanan yang mahal, menyewa seorang konsultan untuk menanyakan masalah nutrisi yang harus dikonsumsi, dan lain sebagainya. Tubuh yang sehat bisa didapatkan dengan hal-hal sederhana dan bisa dikatakan murah. Apa saja itu?? Let’s check this out gengsss….
 
1.  Mengatur pola makan 
Sehat atau tidaknya tubuh seseorang tergantung dari apa yang dia makan. Kalian tidak percaya?? Buktikan saja. Jika kita biasa mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran, tentu akan menjadikan tubuh kita bugar. Kesehatan tubuh diawali dari kesehatan organ pencernaan. Maka dari itu, makanan yang masuk ke dalam organ pencernaan harus benar-benar diperhatikan.
 
Satu hal yang perlu dicatat bahwa makanan sehat tidak harus mahal. Masih sangat banyak kita jumpai makanan sehat dengan harga terjangkau.
Tidak hanya jenis makanan, pola makan yang teratur juga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa pola makan normal dan biasa dilakukan kebanyakan orang adalah tiga kali sehari. Ketika pola makan teratur, maka pola pencernaan juga teratur.
 
2.  Istirahat yang cukup
Setiap orang mempunyai jenis aktifitas yang berbeda. Ada yang biasa beraktifitas berat, ada pula yang ringan. Apapun jenis aktifitas yang kalian lakukan sehari-harinya, jangan lupakan satu hal, yaitu istirahat. Keteraturan pola istirahat juga sangat menentukan kebugaran fisik seseorang. Memiliki waktu tidur yang cukup adalah kuncinya.
 
Secara medis, kita dianjurkan untuk tidur kurang lebih delapan jam per hari. Tetapi perlu diingat bahwa  terlalu banyak istirahat juga akan berdampak buruk bagi tubuh. Metabolisme dalam tubuh tidak berjalan sempurna ketika kalian memiliki waktu tidur lebih dari 10 jam per hari. Mulailah mengatur dan menyesuaikan antara waktu untuk beraktifitas dan isitirahat.
 
3.  Olahraga teratur
Olahraga, olahraga, dan olahraga. Usahakan dalam seminggu kalian meluangkan waktu untuk berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat dan menguras fisik. Cukup dengan berlari secara rutin setiap pagi ataupun sore hari dengan durasi 1-2 jam.
 
Kenapa harus olahraga lari?? Apakah tidak ada jenis olahraga lain yang bisa kita lakukan?? Lari dikenal sebagai olahraga yang murah meriah dan tidak memerlukan biaya untuk melakukannya. Kalian hanya cukup bermodalkan sepatu, maka akan bisa langsung melakukan olahraga ini.
 
Masih sangat banyak jenis olahraga yang bisa sobat lakukan selain berlari. Misalkan bermain futsal, fitness, dan lain sebagainya. Ingat!! Olahraga bukan hanya menyehatkan, akan tetapi juga dapat menghindarkan kita dari hal-hal berbau negatif.
 
Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa sobat lakukan dalam rangka memperoleh tubuh yang sehat, bugar, dan prima. Semoga bermanfaat.
First