Konsumsi Makanan Kaya Serat dan Vitamin




Klasik, Malang
Setiap orang tentu mendambakan tubuh yang sehat dan bugar. Sobat, kesehatan dan kebugaran bisa kita dapatkan jika melakukan olahraga yang teratur, mengatur pola istirahat, serta menjaga pola makan. Semua itu harus dilakukan secara berkesinambungan ya sob.

Ngomong-ngomong masalah menjaga pola makan nih, normalnya, seseorang biasa memiliki jumlah waktu makan 2-3 kali dalam sehari. Makanan yang dikonsumsi pun bervariasi. Mulai dari makanan yang kaya karbohidrat (nasi, roti, dan lain sebagainya), makanan yang mengandung lemak, sampai makanan yang kaya akan serat dan vitamin.

Begitu beragamnya makanan yang kita konsumsi sehari-hari tersebut bisa membuat kita sehat, bisa juga membuat kita jatuh sakit. Misalkan dalam sehari kita terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Sobat, sebenarnya lemak cukup dibutuhkan oleh tubuh kita, tetapi dalam kadar tertentu. Seringkali kita mengonsumsi lemak melebihi kadar yang dbutuhkan oleh tubuh. Efek yang ditimbulkan apabila kita terlalu banyak mengonsumsi lemak adalah dapat terserang obesitas (kegemukan), penyumbatan pembuluh darah, dan berbagai penyakit serius lainnya. Ngeri juga ya sob…

Maka dari itu, sudah saatnya kita menyadari dan mengatur jenis makanan yang akan kita konsumsi sehari-harinya. Salah satu jenis makanan menyehatkan yang harus kita konsumsi adalah jenis sayuran dan buah-buahan sob. Mengapa harus sayur dan buah?? Karena serat dan vitamin yang terkandung dalam sayur dan buah sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Manakala kebutuhan serat tidak terpenuhi, tubuh kita bisa bermasalah. Mulai dari terkena masalah pencernaan biasa, sampai masalah serius lainnya, seperti kanker usus besar. Ternyata serat sangat dibutuhkan oleh tubuh kita ya sob…

Photo by: kompasiana.com

Lantas, jenis sayur dan buah apa saja yang bisa kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh kita?? Sangat banyak jenis buah dan sayuran kaya serat yang sering kita jumpai sehari-hari dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Dari golongan sayuran misalnya brokoli, wortel, kubis, jagung manis (yang berwarna kuning atau oranye), kentang, bayam, bayam, dan masih banyak lagi. Tentu sobat sudah tidak asing dengan nama-nama tersebut.

Dari golongan buah-buahan, sobat bisa mengonsumsi apel (dikonsumsi langsung atau tanpa dibuang kulitnya), alpukat, jambu, jeruk, strawberry, pisang, dan masih banyak lagi. Sobat bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut secara langsung, ataupun dalam bentuk jus.

Ternyata begitu banyak makanan menyehatkan yang ada di sekitar kita ya sob. Tetapi seringkali kita tidak sadar dan tidak mau mengetahui betapa dibutuhkannya makanan tersebut bagi tubuh. Selain menyehatkan, jenis buah dan sayuran di atas juga nikmat ketika dikonsumsi. Tunggu apa lagi sob?? Mulailah mengonsumsi makanan kaya serat dan vitamin agar tubuh kita sehat dan bugar.
Previous
Next Post »