Cara Merawat dan Menjaga Pakaian Agar Awet



Photo by: maskoolin.com

Klasik, Malang
Sobat, memiliki pakaian yang rapi dan indah tentu merupakan idaman setiap orang. Tahukah Anda bahwa untuk memiliki pakaian yang rapi dan indah memerlukan beberapa usaha untuk merawat pakaian tersebut. Mungkin bagi orang yang mempunyai banyak koleksi pakaian, baik baju maupun celana, tidak terlalu ambil pusing dalam hal perawatan pakaian yang mereka miliki. Mengapa?? Karena mereka masih memiliki banyak cadangan pakaian ketika ada sebagian koleksi yang mereka punya kurang layak pakai, rusak, dan lain sebagainya. Akan tetapi bagi yang tidak terlalu banyak koleksi pakaiannya, perawatan pakaian ini harus menjadi perhatian serius.

Perawatan yang tepat terhadap koleksi pakaian yang kita miliki, sama saja dengan mencegah kerusakan dini pada pakaian tersebut. Nah, mending langsung aja kita bahas mengenai tips menjaga atau merawat baju dan celana.

1.   Memperhatikan label yang tertera pada pakaian. Label itu biasanya berisi tentang petunjuk atau cara menjaga pakaian tersebut agar tetap terjaga warna, kain, dan lainnya. Terdapat berbagai lambang atau keterangan yang menunjukkan cara merawat pakaian itu.

2.    Perhatikan teknik mencuci. Sebagian pakaian ada yang kadar kotornya tinggi (cukup kotor), ada pula yang tidak terlalu kotor. Pisahkan antara kedua jenis pakaian ini. Anda juga harus memisahkan antara pakaian yang berwarna putih dengan pakaian berwarna lainnya. Hal ini dimaksudkan agar pakaian yang berwarna tersebut tidak mengotori pakaian putih apabila luntur.
Selain itu, Anda juga harus memilih jenis deterjen yang cocok dengan jenis pakaian dan cocok dengan kulit anda. Ada beberapa jenis deterjen yang sifatnya keras. Jenis ini bisa saja menyebabkan warna pakaian Anda luntur dan cepat pudar.

3.     Perhatikan cara menjemur
Kata emak saya, kalau mau menjemur pakaian harus dibalik terlebih dahulu. Ternyata eh ternyata ilmu dari emak saya ini ada benarnya. Bagian pakaian yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung akan cepat pudar warnanya. Maka dari itu, bagian dalam pakaian itulah yang harus dikorbankan. Artinya bahwa bagian dalam dibiarkan terkena sinar matahari dan warnanya cepat pudar. Anda juga bisa menggunakan alat penggantung pakaian atau hanger ketika menjemurnya.

Nah, sobat sudah tau kan bagaimana cara menjaga dan merawat pakaian agar awet dan tampak seperti masih baru. Ingat sob, kesempurnaan penampilan terletak pada jenis dan cara berpakaian Anda.
Previous
Next Post »